Edited on 14 January 2022.

Tahun 2013 adalah tahun dimana kulit muka saya beruntusan parah, bukan jerawat yang besar-besar tapi beruntusan kecil-kecil terutama di daerah sekitar mulut. Kadang sampai ke pipi juga tapi lebih banyak di daerah mulut dan ini sangat amat gatal.

Sedikit cerita sebelum beruntusan parah ini terjadi, di tahun 2013 ini saya lagi mempersiapkan perkawinan jadi ceritanya mau “memperbaiki” muka yang banyak jerawat dan bekas-bekasnya yang cukup kelihatan. Lalu atas referensi tante saya, saya konsul ke dokter kulit deket rumah. Saya diberi salep racikan dokter untuk mengatasi jerawat & problem-problemnya (kurang lebih mirip-mirip dengan dokter kecantikan lain – ada obat salep racikan)

Di dokter ini, saya ambil paket treatment peeling nya, jadwalnya setiap sebulan sekali.  Sepaket ada 6x peeling. Tiap peeling seperti penyiksaan karena obat peeling pedih banget seperti kulit terbakar. Kalau kena matahari makin “panas”. Beberapa hari setelah dipeeling, kulit akan mengelupas dan berganti menjadi kulit baru. Btw, beberapa tahun lalu saya juga pernah peeling di klinik E*** dan seinget saya peeling memang menyakitkan sih 🙁

Setelah beberapa kali peeling, kulit terlihat lebih cerah tapi jerawatnya ngga tampak membaik malah tambah parah. Sekitar mulut mulai suka gatel (mungkin ini awal mula problem beruntusan karena sebelumnya ngga gatal2). Akhirnya saya memutuskan untuk ngga menyelesaikan paket peeling yang hanya tinggal sekitar 2-3x, saya juga berhenti datang ke dokter tersebut.

Setelah berhenti, merah-merah dan bruntusan di sekitar mulut / pipi semakin parah. Awalnya saya kira ini jerawat hormonal biasa. Tapi beda dari biasanya, kali ini gatal dan banyak white head baru tumbuh setiap hari. Kayak never ending jerawat yang muncul setiap saat. Bukan jerawat yang gede-gede bermata / jerawat batu. Karena udah mepet dengan hari H perkawinan, saya ngga peduliin muka saya. Cuma berharap waktu dimakeup pas hari H ngga gatel & ngga terlalu parah.

Fast forward beberapa bulan setelah merit, akhirnya saya ngga tahan dengan gatal-gatalnya (dan beruntusan yang tak kunjung berhenti tumbuh), saya ke dokter kulit di rumah sakit (bukan yang klinik kecantikan dsb pokoknya mau sembuh aja, at least ngga gatel udah itu aja). Di RS ini, dokter kulit mendiagnosa saya terkena dermatitis perioral (POD).

Penyebab POD bisa macem-macem, kalau saya didiagnosa ketergantungan obat steroid (mungkin dari sabun atau apalah yang pernah saya pakai sebelumnya). Saya disuruh stop semua yg saya pakai di muka. Dokter kasih obat minum dan kalau ngga salah ingat, ada toner khusus, lalu disarankan pakai Physiogel wajib yang lotion. Dulu Physiogel susah banget carinya.

Harus rajin cuci muka : pagi – siang hari – malam pakai sabun baby batangan, jadi kemana-mana demi ngga gatal saya bawa sabun #lol. Lalu ngga boleh pakai makeup, kebayang kan kucelnya kayak apa. Odol juga ngga boleh pakai yang ada fluoride. Dokter menyarankan pakai Sensodyne merah.

Setelah ke dokter kulit di RS, kulit muka agak mendingan tapi begitu obat minumnya abis, mulai lagi muncul merah-merah beruntusan & gatel.

Akhirnya pelan-pelan mulai mendingan bruntusannya tapi ngga sembuh total & saya juga stop ke dokter. Sempet parah lagi bruntusannya karena bandel ngga jaga pola hidup, lalu mencoba berdamai dengan si dermatitis perioral ini karena udah capek nyembuhinnya. Sambil jaga-jaga sendiri aja, ngga sembarangan coba-coba skincare.

POD masih ada terutama di bawah mulut, hidung, dan pipi selama beberapa tahun. Mulai menyebar ngga hanya di sekitaran mulut. Capek banget ngga tau harus bagaimana terutama kalau lagi PMS. Kadang gatel banget dan kalau lagi parah bisa sampe ke pipi dan jidat merah-merah. Mau pakai makeup juga males karena gatel & kering.

Inget-inget pesan dokter dulu, skin care yang saya pakai tidak mengandung alkohol dan tidak mengandung Sodium lauryl sulfate (SLS).

Beberapa kali ganti sabun muka lalu ketemu yang lumayan cocok yaitu Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, ngga mengandung SLS dan ngga mengandung parfum, malah mengandung Hyaluronic Acid – buat melembabkan wajah & hydrated. Cocok deh buat kulit mukaku yang mencari kelembaban :)) Sekali pakai langsung cocok ngga bikin iritasi tambah banyak, dan melembabkan.

Pengobatannya ngga cuma dari luar tapi mesti dari dalem juga, ini yang susah! Paling susah stop minum yang manis-manis.

Similar Posts

15 Comments

  1. Ci kalau nyari facial wash yg free SLS bisa coba merk Himalaya, atau merk Senka. Ini free SLS n free paraben, kebetulan aku juga pakai 2 merk ini, siapa tau CIci cocok 🙂
    Tapi tetap baca ingredientsnya y takutnya ada kandungan bahan lain yg ga cocok untuk Cici 🙂

  2. Saya #teamhadalabo! Gw beli pertama ga mikir ada kandungan apa2 sih, lebih ke efek coba2 dan ternyata cocok jadi lanjut terus. gw pake semua seriesnya mereka, Ngel .. dari facial wash, hydration lotion, moisturizer, serum, sampe sunblock dan bb cream .. dan kebetulan semua cocok di gw. cuma belakangan cuma pake facial wash samam hydration lotionnya aja karena lagi iseng cobain yang laen … kalo mau nitip kasih tau ajaaa di sini beli di watson atau guardian gitu … oh sama himalaya juga ada, cuma gw ga pernah coba 🙂

    ehem, macam BA-nya hada labo ya saya 😉

  3. Baru tau ada penyakit kulit ini.. Dan langsung gugling foto2nya.. Terus bandingin, kayaknya muka mu ga bgitu ya Ngel? Eh jgn sampai sih ya.. Amit2..

    1. dulu pas kena pertama kali, merah2 sekitar mulut terus pi trua gatel merahnya ga seberapa tapi bruntusannya itu tuh yg geli sampe kecil2 banyak. kalo sekarang udah mendingan, ngga sampe merah gitu cuma di totol2nya jadi kaya jerawat batu, trus bruntusan juga mendingan ga terlalu menjijikan :))

  4. Pingback: 2018
  5. hai kak boleh tau merk sabun bayinya nggak?sama physiogel yg merah atau biru?terimakasih banyak yaa kak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.