Setelah ngitung-ngitung budget, kita berdua nggak beli paketan JR Pass karena kita ngga mondar-mandir. Masuknya dari Osaka ke Kyoto, lalu pulang dari Tokyo. Makin yakin ngga beli setelah tanya ke temen (*dadah2 ke Jen*) yang sudah berpengalaman ke Jepang. Gua google2 juga di dalem masing-masing kotanya juga ngga semua bisa pakai JR Pass. Harus beli tiket lagi.

Trip kali ini sesuai budget bangetttt. Ketat banget deh sama budget, sampe tiap ada kemungkinan rute lain gw itung harga transportnya :p Bolak balik cari jalan tercepat dan membandingkan harga tiap rute pakai Google maps. Serajin itu demi biaya yang murah 🙂 Mending pusing di awal pas nyusun itinerary daripada nanti di sana kekurangan uang (buat belanja). Btw, kurs yang dipakai saat itu 1 Yen = Rp 125. Tapi pas ngitung gue lebihin jadi Rp 130 biar aman :p Dan hasilnya … duit transport gua kelebihan & masih ada sisa yang kita alokasikan untuk makan! Happy berat! 😀 Padahal kita ada beberapa kali salah naik kereta dan ke tempat yang ngga ada di itinerary (alias bolak-balik ke 1 tempat karena jadwalnya udah kosong hahaha)

Beli tiket JR ke Kyoto

Karena ngga mau sotoy kayak hari pertama, jadi kita pesen tiket JR ke Kyoto melalui ticketing office. Tinggal bilang aja tujuannya mo ke mana dulu. Kita sih bilang ke Fushimi Inari. Nanti sama petugasnya dikasih rute & kita disuruh milih mau jam berapa. Di print lengkap sama dia petunjuknya. Enak banget lah daripada repot beli di mesin. Kita tinggal hadir aja sama tiketnya. Btw, untuk tiket baliknya dari Kyoto ke Osaka, kita beli sendiri di mesin :p Ternyata gampang hahaha. Sebenernya kita lupa buat beli tiket baliknya wkwkwk. Cuma beli yg ke Kyoto aja di petugasnya.

Beli tiket Shinkansen Osaka ke Tokyo

Beli di ticketing office juga supaya amannya. Tinggal bilang aja mau ke Tokyo dan pilih yang reserved seat biar gak rebutan. Nanti dia kasih tau harga, rute, dan jam berangkatnya. Trus kemarin kita ngga milih-milih kursi, dia yang pilihin. Kita cuma bayar aja.

Osaka & Kyoto

Waktu di Osaka, sempet kepikiran mau beli Osaka Amazing Pass. Cuma karena kita hanya 1 hari di Osaka dan ngga semua tempat di Osaka kita datengin, akhirnya kita urungkan niat. Beli ketengan aja. Agak repot karena tiap mau pergi ke suatu tempat harus beli tiket di mesin dulu.

Di Kyoto juga ada yang namanya Kyoto Day Pass yang bisa dipakai untuk naik kereta dan bus selama di Kyoto. Untuk yang 1 day pass harganya 900 Yen seorang. Bisa dibeli di Station yang ada di Kyoto. Akhirnya beli ketengan lagi ;p

Pemandangan dari Shinkansen ke Tokyo

Tokyo

Waktu di Tokyo, kita beli Suica di ticketing machine *sotoy mode on*. Ini belinya ga sengaja, kita lagi bingung pas bari dateng dari Osaka. Mesti naik kereta dimana kalau mau nyambung ke arah hotel. Trus gw liat eh ada mesin buat beli Suica. Dengan pedenya : Kita beli aja nih daripada beli ketengan satu satu kaya di Osaka! Pas kartunya keluar, bertanya-tanya ini ada isinya gak ya. hahaha. Soalnya mesinnya membingungkan gitu, ada Inggrisnya tapi confusing gitu lah. Btw, karena belinya di Tokyo jadi kartunya bisa dibalikin sebelum kita pulang (di Haneda).

Ternyata pakai Suica ini enak banget! Gak perlu repot nyari-nyari stasiun di ticketing machine. Tinggal tap-tap aja. Isi ulangnya juga gampang banget.

Similar Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.