Beberapa minggu lalu, supermarket deket rumah lagi ada promo diskon daging steak dari Australia. Kebetulan banget lagi pengen steak, harga daging rib eye nya jadi lebih murah dari biasanya jadi gw beli lah 2 potong, masing-masing yang sekitar 150-180gr. Sirloin juga ada tapi penasaran kalo rib eye, selama ini ngetesnya pake sirloin melulu.

Oh iya sebelum berani beli daging “mahalan”, sebelum-sebelumnya gw udah beli daging yg murah (lokal), yang sapinya makan sayur apaan tauk organik2 gitu deh, biar ngga terlalu nyesek kalo gagal. Ngerinya sih cuma takut dagingnya alot atau masak kurang mateng. Mana gw ngga bisa milih selalu minta mas nya pilihin :)) Ga ngerti marbling-marbling-an kalo udah liat langsung.

Steak at Home

Waktu percobaan pertama dan kedua, beda-beda hasilnya. Pertama daging alot karena emang beli daging yang emang paling murah. Percobaan kedua apinya kegedean jadi ngga merata matengnya. Dan dua-duanya abis masak langsung dipotong, salahnya disitu. Jadi berair banget. Pas gua baca-baca ternyata abis dimasak harus didiemin dulu dagingnya biar juice nya meresap.

Tadinya mau buat makan berdua Jmy tapi karena dia abis operasi gigi jadi ga bisa makan yg keras-keras 🙁 So, 2 daging itu gua makan sendiri =))

Saos nya beli yang praktis-praktis aja yang ada di supermarket. Sayurnya pakai buncis aja yang cepet ajalah pokoknya. Sebenernya masak ini praktis banget sih. Apalagi gw pakai panggangan yang 3-in-1 beli di Ace. Bisa masak daging sambil oseng-oseng yang lain, menghemat cucian.

Steak at Home

Pertama-tama, keluarin dulu steak nya dari freezer dan pindahin ke kulkas bawah, kalau udah empukan baru di marinate pakai olive oil + bumbu2, gw beli bumbu marinate khusus Steak juga di supermarket. Di bagian bumbu-bumbu dapur biasanya.  Kalau ngga ada ya pakai garem lada aja dah cukup. Lalu diemin deh minimal stengah jam.

Sambil nunggu bisa motong-motong buncis dan panasin saus steak nya, atau buat mashed potato (versi praktis juga).

Setelah nunggu setengah jam atau lebih, baru panasin panggangan sampai panas banget lalu gw kecilin dikit api nya. Kasih minyak / butter, baru deh masukin daging. Diemin dagingnya tanpa perlu dibolak-balik (kira-kira aja kapan mo dibalik), kalau udah baru masak sisi-sisi lainnya.

Sambil masak steak jgn lupa masukin sayur sama goreng kentang (kalau pakai kentang goreng). Tambahin black pepper kalau suka di buncis + steak nya.

Steak at Home

Jadi deh steak praktis 😀 Enak juga 😀 Mungkin masih kurang perfect sih masaknya tapi mendingan daripada sebelumnya. Dan untungnya dagingnya empuk kali ini 🙂 Saosnya enak tapi keasinan, mungkin karena dagingnya sendiri juga udah asin karena butter (gw pakai yg salted) + bumbu marinate nya.

Steak at Home

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.