Koleksi stationery gw lebih banyak daripada ade gw yang masih kuliah. Semua jenis pulpen, highlighter, pensil, kuas ada :)) Awalnya sebelum kenal planner-planneran, gw suka koleksi notebook gratisan dari resto atau souvenir gitu yg kalau dikumpulin bisa 1 kontainer sendiri :p

Fangirling from time to time
Koleksi tahun 2013

Tapi dulu kan belum kenal sistem planner, jadi nyatetnya asal aja ngga terstruktur. Baru mulai kenal sama Planner tahun 2015.


Mulai kepincut sama planner lucu-lucu yang dihiasi stiker-stiker dan washitape. Mulai bikin-bikin layout sendiri sampai akhirnya dijualin. Setahun kemudian kenal sama sistem Bullet Journal.

Lumayan bertahan lama karena pakai BuJo itu fleksibel. Bosen sama layout minggu ini, minggu depan bisa ganti. Cocok buat gw yang bosenan.

What is Bullet Journal?

Sistem Bullet Journal diciptakan oleh Ryder Carroll. Dia membuat sistem pencatatan secara analog untuk to do list, diary, notebook, atau apapun itu (gw bahkan pernah buat K-Drama tracker untuk nyatet progress drama yang gw lagi tonton, kalau kebanyakan suka lupa udah sampai episode berapa).

Kenapa analog? Karena kalau ditulis pakai tangan akan lebih gampang diingat dibanding ngetik-ngetik di handphone. Dan kalau handphonenya rusak atau mati, ngga perlu panik karena yang kita catet ada di notebook. Males bawa notebook nya? Oh gampang, tinggal difoto masukin ke photo album (ntar tinggal delete) atau taruh di Evernote.

How to Bullet Journal?

Cukup simple.

· Buat List Task yang ada hari itu
X Buat menandakan kalau task sudah selesai dikerjakan
> Migrate ke hari berikutnya / re-schedule
o atau △ untuk event

Why Bullet Journal?

Karena gw orangnya bosenan, jadi pakai ini bisa bebas mau layoutnya gimana. Gw lebih fokus menyelesaikan pekerjaan hari itu. Kalau ada pekerjaan penting bisa gw dahulukan.

Kalau notebooknya abis gimana? Tinggal pindahin ke notebook baru.

Tapi kan buang-buang waktu & repetitive banget. Justru itu seninya. Pas kita mau tulis di notebook baru, pasti mikir dulu ini kepakai lagi ngga. Kalau ngga, ga usah dimasukin ke notebook baru.

Setelah hampir 2 tahun pakai Bullet Journal, gw mau share beberapa point buat yang mau mulai pakai Bujo

  1. Notebook
    Kalau gw biasanya pakai merk Muji karena kertas Jepang tidak pernah bohong … enak banget buat nulis. Gw biasa pakai beli yang Dot Grid atau model kotak-kotak. Tapi personal preference aja sih ini. Second option kalau ngga ada Muji, notebook dot grid punya Miniso. Cuma Gw ngga suka karena kertasnya ngga sehalus Muji dan kalau buat nulis agak bleber kalau pakai mildliner. Tapi balik lagi ke masing-masing orang, pakai apa aja bisa. Gw pernah sistem bujo di ring planner juga.

    Muji yang atas, Miniso yang bawah. Ngga terlalu ketara perbedaanya. Kalau ngga rewel sama jenis kertas, Miniso bisa dijadiin option. Harganya juga relatif lebih murah.

  2. Pulpen
    Favorite gua : Uniball Signo RT, Sarasa Clip, dan Pilot Frixion Ball. Gw suka yang tintanya gel. Untuk highlighter pakai Mildliner karena warnanya ucul ucul, Pilot Frixion Highlighter yg warna kalem, KOI Watercolor Brush yang warna-warna kalem, atau Tombow Dual Brush Pen karena brush nya enak untuk hand lettering, ngga kaya koi yg gampang nge-fray *jigrak jigrak*.
  3. Washitape, Stickers, dan Pernak Pernik Lainnya
    Ngga pakai juga ngga apa-apa. Kesalahan fatal pas gw mulai main planner adalah tiap liat feed orang, jadi pengen juga, udahannya malah ngga kepakai. Gw beli washitape dari Aliexpress sampai 10 roll akhirnya sekarang ngga kepakai. Lately gw demen yang minimalis-minimalis gitu.
  4. Nggak perlu bisa gambar
    Kadang kalau liat youtube/IG orang-orang yang buat Bujo (keyword : Bullet Journal Plan With Me), gambar-gambarnya pada intimidating. Gambarnya canggih-canggih, pakai watercolor lah, trus ilustrasi ini itu. Aduh… ga usah. Been there done that. Malah jadi pusing sendiri. Udah sesimpel tulisan aja juga udah bisa. Kalo iseng ada waktu dan bsa menggambar ya silahkan aja. Tapi tujuan utama Bujo adalah buat nyatet jadwal. Illustrasi dsb hanya untuk estetika aja ;D

Resources

Setelah pakai Planner/Bujo, kalau hari Senin tiba gua ga perlu kesulitan mengingat-ngingat kerjaan gw yg belum selesai apa di hari Jumat 🙂 Gw ngga perlu susah nginget-nginget tagihan apa yang belum dibayar karena tinggal dicatet aja. Sampe password pun gw ada catetannya, tapi ditinggal di rumah sih kalau ini 😀

Kadang kalau lagi berbeberes meja nemu buku Bujo yang lama gw suka iseng liat-liat, kaya bring back memories gitu … Seneng aja liatnya ;p

Similar Posts

9 Comments

  1. Gw nyatet2 juga masih ngandelin analog! enak coret – coret, pake planner pas masih jaman skolah kuliah sama kerja, … tapi kerja juga udah pake bullet journal .. sejak jadi emak2 ini kepake banget gw yang gamang lupaan hahaha .. catetan digital hanya berlaku untuk belanjaan ke pasar hahaha

  2. dulu gua sempet ada masanya nyatet semua di HP, tapi berasa banget pas HP ilang, semua catetan juga ikut ilang… makanya jadi pake planner buat nyatet2… tapi mulai hias2 gitu gara2 liat feed lu sih jel hahahaha… gua anaknya gampang ikut2an hahahaha…

    1. hehehe klo liat insta2 planner tu rasanya pengen ikutan juga ya. gw jg gitu dapet inspirasi nya dari account2 sejenis, makanya bikin insta khusus planner supaya ga kecampur :p

  3. Wahhh Ngel, gw mupeng deehh.. Gw juga doyan nyatet2 tapi pas liat itu hastag bujo pada cakep2 banget gambarnya.. Lah dimari tulisan aja acakadut cam dokter kagak lulus. Ehh ada penjelasan di point 4. Mupeeng parah 😀 Btw, gw ada komen di salah satu foto ig yak.. Menanti jawaban..hahaha XD

  4. Wah, berarti dirimu sangat rapi dan ter-struktur banget yah Ngel!

    Aku kayaknya gak pernah beli journal deh, note/buku aku kebanyakan hadiah dari goodie bag semua, jadi ada tulisan brand atau sponsornya gitu muahahaha.

    Dan catetanku bentuknya bukan jadwal kayak dirimu, tapi biasanya draft tulisan buat blog atau materi kul-twit kdrama atau konsep meme buat di instagram gitu, Trus nulisnya pun asal2an dan berantakan gitu muahahahaha.

    #AkuHina

  5. rajin dan niat bangett ci~
    dulu aku nyatet2 begini juga tapi lama2 males dan dari 2015 – skrng nulisnya di calender hp. tapi lebih ke event gitu sih bukan to do list.
    kalo to do list sampe sekarang nulisnya di post it, tempel2 di sekitar meja kerja yang mana bikin meja kerja berantakan bener :p
    dan baru tau juga tentang bujo (anaknya ketinggalan bgt -_-)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.