Jatah libur Lebaran tahun ini banyak banget ya dapetnya. Bisa hampir 2 minggu off. Tahun ini ma-mer mengajak kita semua untuk mudik pakai mobil. Whatt!! Pake mobilll?? Yang pertama kebayang itu macetnya kaya apa nanti. Udah takut aja kejebak macet ngga gerak. Soalnya tiap kita ke San Diego untuk nyekar pas hari H, selalu kejebak macet berjam-jam. Tapi untungnya  karena libur lebarannya dimulai sejak beberapa hari sebelum hari H, jadi udah banyak yang mudik duluan dan ngga semacet tahun-tahun lalu (at least ga setengah hari sendiri untuk sampai di San Diego). Selama perjalanan mudik ke kota pertama, macetnya cuma sampai di daerah Subang aja.

Daripada keburu males nulis, jadi postingan mudik dijadiin 1 aja disini ;D

Jakarta – Cirebon

Kita berangkat pas hari H Lebaran, setelah nyekar – silahturahmi – agak sore kita mulai jalan. Mau masuk tol aja udah macet. Untuk ya sekarang ada Waze jadi kita bisa tau jalan mana aja yang macet, jadi kita memilih untuk ngga langsung masuk tol. Kita lewat Bekasi dulu pakai jalan biasa. Ya tetep aja sih macet juga pas masuk tol nya, sepanjang Cikampek merayap. Penyebab utamanya : adanya pembangunan di Cikampek jadi ruas tol nya mengecil dan antrian masuk ke rest area. Rest area banyak yang ditutup karena saking penuhnya yang mau masuk. Kayaknya sepanjang pengamatan, ngga ada rest area yang kosong di Cikampek. Jadi kalau mau mudik, lebih baik jangan beser dan bawa makanan aja dari rumah. Biar ngga susah di jalan. Untungnya my bladder lagi bisa bekerja sama. Ngga sering minta pipis, cuma sekali aja, di rest area tambahan yang rada sepi.

Cirebon

Kita keluar di tol Cirebon, sampai Cirebon udah jam 9 malem dan kita belum makan malam. Nyari tempat buat makan susah banget karena  1) Udah malem 2) Hari Lebaran. Ada sih beberapa yang buka tapi sepi gitu. Akhirnya daripada kelaparan kita menepi deh buat makan di salah satu warung. Pengunjungnya cuma 1 pas kita dateng, pemudik dari Jakarta juga kalau lihat dari plat motornya. Kita pesen Empal Gentong, daripada gak kesampean ya kann… Ya as expected … ngga begitu enak :p Minyak semua kuah nya. Masih enakan yang di PasMod. Udah gitu harganya diketok. Mahal lah pokoknya. Cuma karena udah laper ya udah deh makan aja, daripada maag kambuh. Selesai makan kita langsung melanjutkan perjalanan ke Solo lewat jalan biasa dan disambung lewat tol yang baru.

Solo

Sabtu subuh kita sampai di Solo. Sampai di rumah, langsung deh lanjut tidur meluruskan kaki.  Hari ini cuma istirahat aja di rumah.  Malemnya baru jalan buat makan sambil dianter keliling Solo. Cuma karena udah malem jadi ya gak keliatan apa-apa. 😀

Welcome to Solo

Hari Minggu-nya, jadwal mencari batik di Pasar Klewer. Cuma karena masih Lebaran dan banyak yang tutup, jadi kurang banyak yang bisa dilihat. Selesai dari Pasar Klewer, kita ke Ria Batik. Dibanding di Ps. Klewer, nyari batik disini lebih enak karena yang ada di Ps Klewer ya ada disini, ga perlu muter-muter dan ga usah nawar. Harga batiknya murah-murah dan masih dapet diskon lagi. Gw kaget beli kemeja batik cuma 30rb-an setelah diskon. Kualitas Batik di sini maupun di Ps Klewer ngga tau ya gimana ;p

Makan pecel pakai krupuk gendar (krupuk nasi)

Selesai belanja, kita makan pecel Solo di Pasar Gede. Sekalian beli bumbu pecel nya mumpung liat. Solo Mini blog soal Solo ada di Insta Story Highlight … *penyakit malas menyerang*

Sorenya, pinjem motor trus jalan-jalan keliling Solo demi nyari bakso. Eh .. ngga ada yang buka. uhhuhuhu kenapa semua resto masih pada tutup sih.

Lalu sampailah kita di perempatan jalan …

💁🏻‍♂️ : Mo liat rumah Jokowi nggak?

🙎🏻 : emang kamu tau?

💁🏻‍♂️ : Kata kak X sih lewat sini *belok ke jalanan arah rumah Pak pres*

(Setelah sekian lama tau-tau melipir dan pasang ancang2 untuk muter balik)

🙎🏻: Loh kok muter lagi?

🤷🏻‍♂️ : Gak jadi deh, aku gak tau jalannya

🤦🏼‍♀️🤦🏼‍♀️🤦🏼‍♀️🤦🏼‍♀️🤦🏼‍♀️ : ya elahh… mending cari bakso aja deh, pak.

Nemu sih bakso, tapi bakso ngga enak. Trus gw jadi kesel karena dibawa ke tempat makan gak enak.

Malemnya siap-siap mo lanjut jalan road trip lagi. Kali ini tujuan kita daerah Jawa Timur.

Solo – Surabaya

road trip
Kita berangkat jam 3 subuh, rencananya mau naik tol baru yang fungsional itu. Sampai di gerbang tol, ternyata tol nya belum buka dong. masih ditutup, ga mungkin juga kita nunggu depan pintu nya sampai jam 6 pagi :p Akhirnya lewat jalan biasa lagi. Sampai di Surabaya sekitar jam 6-7 pagi gitu deh. Ngga muter-muter di Surabaya, soalnya kesini cuma mau nyekar ke kuburan trus langsung lanjut jalan ke Mojokerto.

Mojokerto

Jam 10-an kita lanjut lagi ke Mojokerto. Disini kita nginep di hotel daerah by-pass gitu. Hotelnya lumayan gede kamarnya dan bersih. Cuma disekelilingnya nggak ada resto 🙁

Mojokerto – Malang lewat Cangar

Keesokan harinya, Jmy’s birthday! Abis breakfast, langsung deh angkut-angkut koper ke mobil, lanjut jalan ke Malang. Rute yang dipilih : lewat Cangar.

Laki gw emang demen banget deh nyari jalan yang ribet-ribet. Coba google : Cangar, banyak video & foto-foto jalanan extreme ini. Belum lagi cerita-cerita mistis nya. Ya untung kita pergi siang sih. Ngga kebayang kalau malem-malem lewat jalan ini.

Tapiii… gak nyesel lewat jalan sini. Jalurnya emang menantang banget tapi BAGUS!!!! Baru kali ini gw lewat dalem hutan sampai yang sinar matahari aja nggak masuk. Trus kita udah kaya ada di top of the hill gitu rasanya. Udah paling atas *maybe, kenot see, dikelilingi pohon-pohon hutan*. Bagus banget deh. Hutannya ini kalau gw google termasuk cagar alam. Katanya masih banyak  monyet gitu berkeliaran. Pas gw lewat sayangnya nggak ada :))

Masih di daerah Pacet, banyak anak muda disini buat nongkrong-nongkrong

road trip

Sebelom ngelewatin rute extreme, kita makan dulu di daerah Pacet. Asal berenti aja sih, ada restoran langsung masuk ;p Disini bisa mancing sendiri ikan yang mau dimakan. Ogah repot, kita pesen yang udah ditangkepin aja. Resto nya rame, banyak yang mancing juga. Berhubung ngga ada yang mau mancing karena udah laper, jadi kita langsung order aja ke pelayannya. Tapi kalau pesen lele, harus mancing sendiri.

Selesai urusan perut, lanjut jalan lagi ke Cangar.  Selama di perjalanan lewat Cangar ini, gw liat banyak pabrik-pabrik kosong. Kalo gw google *ni selama perjalanan wa kepo bener deh, selalu gua google*, katanya bekas pabrik jamur yang udah ngga kepakai.  Pas lagi melipir, ada rumah kosong gitu. Rumah kuno yang udah lama ngga ditempatin. Gw yakin sih tu pasti horror dalemnya :)) Pengen liat tapi takut.  Kayak rumah di film horor Indo gitu kira-kira.

Eh iya, kita lewatin tanjakan U turn tajem banget disini. Kalo lewat mesti gantian sama yg dari arah berlawanan. Seru lah pokoknya.

Udah masuk ke Hutan daerah Cangar
road trip
Saking gelapnya, semua nyalain lampu mobil. Padahal ini siang loh …

Malang

Hydrengea di pinggir jalan. pengen petik 1 :))

Kalau kita lewat Cangar, nanti keluarnya di daerah Batu. Keluar-keluar lewatin Selecta. Sebenernya kita mau mampir di Selecta dulu tapi pas sampai ujan gede banget. Akhirnya lanjut ke hotel aja. Hari ini hujan seharian sampai malem. Sayang banget deh batal ke Selecta, ngga bisa foto-foto. Karena macet banget pas turun ke Malang, kira-kira baru jam 5 sampai di hotel tempat kita nginep. Hotelnya udah jadi langganan, tiap ke Malang selalu nginep disini, udah kaya rumah sendiri =)) Ya lagi-lagi pas di Malang kenot try all the food I wanttttt. ughhhh. Bye bye Kupang lontong dan teman-teman~~ Semoga ku bisa ikutan balik kesini September nanti.

Road tripnya ni capek bener loh, cuma sehari-sehari doang di tiap kota. Baru nemplok kasur udah jalan lagi. Kurang lama nih liburannya. Ngga bisa kulineran.

Keesokan harinya kita langsung balik lagi ke Solo. Tapi kali ini lewat jalur Selatan. Lagi-lagi, jalur yang dipilih jalur yang menantang *facepalm*. Jalur yang dipilih kali ini lewat Pacitan. Karena kita mau nyari … Pantai.

Pantai Popoh, Tulungagung

Dari Malang kita langsung cari jalan menuju Pantai Popoh. Butuh setengah hari untuk ke pantai ini karena emang jauh… dari utara ke selatan. Mau masuk ke kawasan Pantai ini, kita harus nyetir lewatin bukit-bukit, jalannya nanjak semua ke atas, bumpy karena ngga diaspal dan kecil. Pas kita posisinya udah diatas bukit, kalau lihat view kebawah bagus banget keliatan pantainya. Pas sampai di bawah, ternyata pantainya kurang terawat, sayang banget. Padahal view nya oke. Pantainya rada menjorok ke dalam diapit sama bukit-bukit, ini mah Teluk namanya …

Welcome to Desa Popoh

Jembatan yang tipis banget besinya. Ngeri jeblos kebawah. Banyak sampah pula di dinding batu nya.

Tulungagung terkenal sama kerajinan Onix nya, jadi disini banyak yang jual barang-barang terbuat dari Onix (mirip marmer). Murah-murah kalau bisa nawarnya.

E9B0F12A-7CD6-4B31-A720-F0EEEE8DB0AF

Btw, kalau lihat peta google, di daerah Tulungagung ini ternyata banyak objek wisata. Cuma sayangnya lagi-lagi ngga terawat (kalau baca review). Sedih ya … banyak tempat wisata sejarah di Indo tapi masih banyak yang belum terawat.

Trenggalek to Pacitan

Karena udah mau malem (kita sampainya rada sore) ,jadi kita udahan di Pantai Popoh dan lanjut jalan. Kali ini lewat Trenggalek. Lama perjalanan ke Trenggalek ini kira-kira 4-5 jam. Sampai disana udah gelap. Perjalanan dari Trenggalek ke Pacitan juga seru banget nih. Lagi-lagi lewatin Gunung nanjak ke atas. Pas sampai diatas … kabut nya tebell banget! Gw udah serem deh tu kalo lewat kabut. Dulu pernah subuh-subuh lewat Lembang, kabutnya lagi turun & jalanan sama sekali ngga keliatan. Rawan kecelakaan banget, apalagi ini. Di kanan, jalur mobil berlawanan + Gunung, sementara  di kiri jurang. Salah-salah jalan serem juga. Nggak ada lampu, jalanan kecil banget, nanjak, dan rambu-rambu nya udah mulai redup. Garis putih di jalanan redup & pembatas jalan ngga dikasih lampu. Keluar dari kabut lega banget rasanya, meskipun disambut sama hutan :)) Btw, selain bahaya diatas, ngeri longsor juga.

Jarak pandang, kabut mulai turun
Pas udah masuk kabut, kayak gini view nya. Kayak jalan sambil meraba-raba dalam kegelapan. Salah jalan bisa nyemplung ke jurang.

Pas ditengah-tengah jalan gelap itu gw sempet bilang ngga mau lagi deh lewat jalan ini. Mana jalurnya kanan – kiri melulu, gelap, serem pula. Pas udahannya : seru juga ya 😀

Rute meliuk-liuk

Solo to Semarang to Jakarta

Sampai di solo udah tengah malem, langsung tidur karena besok paginya lanjut jalan lagi ke Jakarta via Semarang.

Kali ini ke Semarang nggak extreme jalurnya, karena lewat tol baru :p Di Semarang cuma mampir makan & beli oleh-oleh di Pandanaran.

Selama perjalanan ke Jakarta, viewnya bagussssssssssssss bangetttttt. Sepanjang tol disuguhi pemandangan Gunung Merapi & Merbabu. Cakep banget! Di foto kamera ngga ketangkep bagusnya, harus lihat dengan mata sendiri. Lalu kubaca postingan blog ini, cakep banget pemandangannya kalau dari atas. Lewatin 2 gunung itu, ketemu Gunung Ciremai. Bagus-bagus lah pemandangan selama perjalanan darat.

Sekitar jam 6an sore kita udah mau sampai di daerah Cikampek. Berenti makan dulu di Rest Area. Ngetok harganya ngga kira-kira. Nasi warteg yang pilih-pilih gitu doang, biasa gw makan dengan menu yg sama di kantor, seorang cuma 10rb-an ini bisa bengkak jadi 50-70rb. Padahal, kemarin kita makan di warung mau ke Pacitan, makan ber-8 cuma 50rb-an totalnya. Sampai sekarang masih penasaran mba nya salah ngitung apa gimana kok murah banget.

Kali ini pulangnya macet parah sih di Cikampek. Jam 12 malem baru sampai di apartemen tercinta. Senangnya ketemu kasur sendiri 😀