Di tahun 2019 ini, ngga terlalu banyak buat layout cakep-cakep untuk Bullet journal karena emang ngga kreatif juga, kehabisan ide wkwkwkw. Jadi gw mengandalkan layout yang udah ada dari bukunya. Tahun ini lebih banyak pakai Traveler’s Notebook untuk hias menghias.

Journal-journal yang kupakai di 2019 ini :

Muji Weekly Planner – Undated

Pengganti Bujo. Sengaja pilih yang ukurannya agak besar (lupa, A6 apa A5 ya ini? Yang ukurannya kayak buku tulis) karena emang ngga bakal dibawa-bawa, dia stay di kantor aja dan kerjanya emang untuk nyatet todo list kerjaan kantor & freelance. I do not mix my to do list. To do list kerjaan kantor dan to do list house chores ada di jurnal berbeda. Di jurnal Muji ini, sisi kiri dimanfaatkan untuk to do list kerjaan per hari, sisi kanan untuk coret-coretan selama seminggu. Setiap pagi sebelum mulai kerja, to do list hari itu gw update. Karena jurnal ny ada di kantor dan gw ngga ke kantor sampai akhir tahun, ngubek-ngubek Instagram nemu foto lama. Oh iya enaknya, jurnal Muji ini cukup untuk 1 tahun bahkan lebih. Ini aja gw udah pakai dari November / Desember 2018. Sangat terbantu deh setahun ini. Tapi tahun depan gw ngga pakai ini lagi karena mau coba yang punya Mossery

https://www.instagram.com/p/Bp_F7yKhYCX/

Traveler’s Notebook Passport Size

Pengganti Bujo yang lain adalah si Traveler’s Notebook Passport Size (karena emang ukurannya se passport). Mungil jadi bisa dibawa-bawa kemana-mana. Biasanya gw cuma bawa 3 inserts (notebook) aja :

https://www.instagram.com/p/BzHyYNCps4S/
https://www.instagram.com/p/By7g7h6Ju2D/
  • Monthly insert dari Traveler’s Company – untuk lihat kegiatan selama sebulan (overview)
  • 1 insert dari Muji untuk to do list pesonal/house chores
  • 1 insert untuk nyatet random/hal-hal yang terlintas dikepala
https://www.instagram.com/p/Bxtk882p_6J/

Kalau insert Traveler’s notebook (TN) ini, karena isi notebooknya ngga banyak jadi dalam setahun bisa beberapa kali ganti. Biasanya dipakai untuk nyatet to do list di rumah, reminder kapan harus bayar tagihan-tagihan rumah, nyatet coret-coretan kemana aja duit gw, nyatet ide blog post, dsb.

https://www.instagram.com/p/Bz5C-2QJ1Vq/

Traveler’s Notebook Personal Size

Ukurannya lebih besar dibanding Passport. Karena besar, jadi jarang dibawa-bawa, lebih banyak di rumah. Sepanjang tahun 2019 ini, lebih banyak digunakan untuk weekly journaling. Journal yang sering dihias-hias, dibuat cakep, no deep writing karena ngga konsisten. Bolong-bolong terus. Lalu ada 1 insert gratisan dari TN nya yang belum pernah terpakai, jadi gw pakai untuk nulis-nulis random. Kadang dihias kadang berantakan. Suka-suka mood aja.

Untuk 2020, sampai saat ini baru kepikiran pakai Mossery. Untuk TN Passport rencananya mau pakai insert undated weekly + insert yang gw buat sendiri dari kertas-kertas bekas. Kalau yang regular size masih belum kepikiran mau dipakai apa. Masih lagi galau.

Similar Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.