Japan Trip 2020 : Apply Visa Jepang

Trip ke Jepang ini hampir ngga jadi pergi karena beberapa hal (yang pasti bukan karena Corona). Tapi akhirnya Jmy bilang, udah deh pergi aja, sayang tiketnya. Jadi pas akhir Desember sebelom libur Natal, gw buru-buru ngurusin hotel dan budgeting. Karena pasport gw masih yang biasa, jadi habis libur Natal/Tahun baru, gw cepet-cepet urus di Kedutaan Jepang VFS Global. Sementara passport Jmy udah e-passport tapi tetep harus dateng kesana dulu untuk ditempel stiker bebas visanya. Pas kedutaannya selesai liburan, langsung submit hari Senin pertama setelah libur Tahun baru, trus visanya langsung bisa diambil hari Jumat.

Untuk submit visa, gw ngga langsung dateng tapi booking tanggal dan jam kedatangan dulu melalui website VFS Global. Sebenernya mau langsung datang tanpa booking bisa aja, tapi antriannya lebih panjang & ada kuotanya, Lebih aman kalau booking tanggal dulu 🙂

Dokumen kita akan dicek di hadapan kita langsung, kalau ada yang kurang langsung dia kasih tau. Waktu itu rekening koran gue kurang lengkap jadi gw disuruh bolak balik ngeprint rekening koran. Untungnya disana disediakan tempat ngeprint tapi karena cuma 1 jadi agak antri. Dan ada ibu-ibu yang suka nyerobot gitu. Maunya dia dilayani duluan. Kesel deh pengen gue jitak!

Btw, petugas yang ngecek dokumen-dokumen sangat sabar dan baik2. Malah gue yang gak enak karena jadi lama :p Setelah semua dokumen lengkap, kita bayar di loket sebelahnya dan kemudian menunggu bukti bayar / bukti pengambilan passport.

Kalau sudah bisa diambil visanya, nanti akan di email lalu keesokan harinya bisa dateng ambil. Tapi di email ngga dibilang approve (gak tau ya kalau yang ditolak gimana isi emailnya). Jadi, pas di depan loket terima passport baru deh ketauan approve atau ngga nya.

The moment of truth nya waktu passport dikasih ke kita, trus gue buka itu passport pas ada tempelan visa langsung lega senyum-senyum bahagia :p LETS GO KITA LIBURAN!!!

Similar Posts